prodOUR PRODUCTS

Learn more about our products

VIEW PRODUCTS

SERVICES

View the range of services we provide

VIEW OUR SERVICES

BOOK A FREE SURVEY

Enter your details and we will contact you

BOOK SURVEY

Teori Dasar API dan Penyebab terjadinya Kebakaran

Api adalah sebuah proses kimia dimana terjadi dekomposisi dalam proses oksidasi bahan bakar (secara cepat) yang menghasilkan panas dan cahaya. Jika dibandingkan dengan proses oksidasi lainnya api adalah proses oksidasi dengan kecepatan menengah. Contoh dari proses oksidasi yang sangat cepat adalah ledakan. Dan proses oksidasi yang lambat adalah per-karatan.Elemen apiDidalam teori segitiga api (Fire triangle Theory) Elemen dasar yang harus ada untuk terciptanya api adalah : bahan bakar, panas, dan oksigen. Ketiga Elemen ini membentuk segitiga api. Kemudian teori ini berkembang dengan adanya elemen “reaksi kimia”. Api dapat terjadi karena adanya reaksi kimia berantai antara bahan  bakar, panas dan oksigen. Teori ini dikenal dengan Fire Tetrahedron.

Untuk melakukan pencegahan munculnya api/memadamkan kebakaran, cukup dengan memutuskan interaksi diantara 4 elemen tersebut. Apabila salah satu elemen dihilangkan maka api akan padam, contohnya hilangkan oksigen maka api akan segera padam.

Kebakaran

Kebakaran adalah api yang tidak dapat dikendalikan, tidak diinginkan dan menimbulkan kerugian kepada manusia maupun lingkungan.